Respons Konatif

Respons konatif adalah respons terkait kecenderungan behavioral, intensi, komitmen, dan tindakan terhadap objek attitude. Respons konatif verbal dapat diamati pada ucapan individu terkait apa yang mereka lakukan, rencanakan, atau kemungkinan akan dilakukan dalam situasi yang cocok. Respons konatif dapat dilihat dari bagaimana orang menyatakan untuk bertindak, seperti menolak atau melarang orang lain maupun merencanakan atau mendukung orang lain melakukan sesuatu. Respons konatif nonverbal dapat dilihat dari bagaimana mereka bertindak, baik itu melakukan ataupun tidak melakukan sesuatu (Ajzen, 2005: 5).

Berbeda dengan Ajzen yang menjelaskan sikap dapat dilihat dari tiga dimensi, Werder (2009) melihat sikap memiliki empat dimensi atau komponen yang disebut oleh Werder sebagai cognitive schemata (Werder dalam Littlejohn & Foss, 2009: 56).

 Skemata kognitif ini mencakup:
1. Respons afektif, respons emosional individu terhadap situasi, objek, atau orang lain.
2. Respons kognitif, pengetahuan berdasarkan kebenaran atau fakta terhadap situasi, objek, atau orang lain.
3. Pengalaman dari perilaku terdahulu, pengalaman yang sudah dikumpulkan terkait situasi, objek, atau orang lain.
4. Niat berperilaku (behavioral intention), rencana untuk berperilaku ketika berhadapan dengan situasi, objek, atau orang lain, walaupun bisa jadi perilaku yang direncanakan ini tidak maupun belum pernah dilaksanakan.


Keempat komponenn tersebut menjadi sudut pandang dalam pemprosesan informasi terkait dengan niat, pemaknaan, dan proses refreshing terhadap stimulus tertentu.

0 Response to "Respons Konatif"

Post a Comment