Apa yang dimaksud dengan wacana

Mengutip Eriyanto (2001), kata wacana adalah salah satu kata yang banyak disebut dewasa ini. Akan tetapi seperti umumnya kata kebanyakan, semakin seringg disebut dan dipakai kadang makin membingungkan dan sering kali rancu.
Ada yang mengartikan wacana sebagai unit bahasa yang lebih besar dari kalimat. Ada pula yang mengartikan wacana sebagai diskursus atau pembicaraan.
Kata wacana sendiri juga dipakai oleh banyak kalangan, mulai dari studi bahasa, psikologi, sosiologi, politik, komunikasi dan sastra. Bahkan bukan kalangan itu saja, melainkan banyak lagi. Pemakaian istilah wacana seringkali diikuti dengan beragam istilah dan defisini.
Bahkan tiap disiplin ilmu memiliki istilah sendiri. Hal ini terlihat dari banyak ahli yang memberikan definisi dan batasan yang berbede mengenai wacana tersebut.

Pengertian Wacana
Disarikan dari Sara Mills dengan judul “discaurse” dan J.S Badudu dengan judul “Wacana” yang dimuat pada harian Kompas tanggal 20 Maret 2000, setidaknya terdapat tujuh definisi wacana.

Pertama, defisini dari Collins Concise English Dictionary (1988). Yang dimaksud dengan wacana adalah 1. Komunikasi verbal, ucapan, percakapan; 2. Sebuah perlakuan formal dari subjek dalam ucapan atau tulisan; 3. Sebuah unit teks yang digunakan oleh linguis untuk menganalisis satuan lebih dari kalimat.

Kedua, defisini dari Longman Dictionary of hte English Language (1984). Yang dimaksud dengan wacana adalah 1. Sebuah percakapan khusus yang alamiah formal dan pengungkapannya diatur [ada ide dalam ucapan dan tulisan; 2. Pengungkapan dalam bentuk sebuah nasihat, risalah, dan sebagainya; 3. Sebuah unit yang dihubungkan ucapan atau tulisan.

Ketiga, definisi dari J.S. badudu (2000). Yang dimaksud dengan wacana adalah 1. Rentetan kalimat yang berkaitan, yang menghubungkan proposisi yang satu dengan proposisi yang lainnya, membentuk satu kesatuan, sehingga terbentuklah makna yang serasi di antara kalimat-kalimat itu; 2. Kesatuan bahasa yang terlengkap dan tertinggi atau terbesar di atas kalimat atau klausa dengan koherensi dan kohesi yang inggi yang berkesinambungan, yang mampu mempunyai awal dan akhir yang nyata, disampaikan secara lisan atau tertulis.

Keempat, definisi dari Crystal (1987), analisis wacana memfokuskan pada struktur yang secara alamiah terdapat pada bahasa lisan, sebagaimanabanyak terdapat dalam wacana seperrti percakapan, wawancara, komentar, dan ucapan-ucapan.

Kelima, definisi dari Hawthron (1992). Wacana adalah komunikasi kebahasaaan yang terlihat sebagai sebuah pertukaran diantara pembicara dan pendengar, seuah aktivitas personal dimana bentuknya ditentukan oleh tujuan sosialnya.

Keenam, definisi dari Roger Fowler (1977).  Wacana adalah komunikasi lisan atau tulisan yang dilihat dari titik pandang kepercayaan, nilai, dan kategori yang masuk didalamnya; kepercayaan disini mewakili pandangan dunia; sebuah organisasi atau representasi dari pengalaman.

Ketujuh, definisi dari Foucault (1972). Wacana kadang sebagai bidang dari semua pernyataan, kadang sebagai sebuah individualisasi kelompok pernyataan, dan kadang sebagai praktik regulatif yang dilihat dari sejumlah pernyataan.

0 Response to "Apa yang dimaksud dengan wacana"

Post a Comment