Disonansi Berdasarkan Tindakan (Action-Based Model of Cognitive Dissonance)

Eddie Harmon-Jones menambahkan satu revisi penting dalam teori ini yang juga terkait dalam pengambilan keputusan (decision), yaitu terkait kognisi seperti apa yang dapat memunculkan disonansi. Dia menjabarkan model berbasis tindakan (action-based model of cognitive dissonance). Model ini menjelaskan tidak semua kognisi dapat menciptakan disonansi, tetapi hanya kognisi yang berkaitan atau melatari tindakan (action) (Harmon-Jones dalam Littlejohn & Foss, 2009: 111).

Model berbasis tindakan menjelaskan kognisi-kognisi yang dapat ikut campur (interfere) atau memengaruhi secara langsung terhadap suatu tindakan (action) yang apabila telah diputuskan oleh individu dapat menjadi tindakan yang efektif dan tak berkonflik (unconflicted). Disonansi pada kognisi-kognisi yang berpengaruh terhadap tindakan, menciptakan keadaan bertolak belakang (aversive state) di antara kognisi-kognisi terkait (Harmon-Jones dalam Littlejohn & Foss, 2009: 111)

Berdasarkan model ini, pengurangan disonansi adalah upaya menghilangkan disonansi dengan membawa konsonansi kepada kognisi-kognisi yang melatari suatu tindakan. Model ini menjelaskan disonansi kognitif menghambat tindakan yang efektif dan tak berkonflik, sehingga konsonansi kognitif, sebaliknya, adalah upaya untuk memfasilitasi untuk memutuskan tindakan yang efektif dan tak berkonflik (Harmon-Jones dalam Littlejohn & Foss, 2009: 111).


Harmon-Jones mendasari modelnya pada penelitian-penelitian yang menunjukkan semakin besar kecenderungan untuk bertindak, semakin berkurang disonansi dalam individu. Penelitian-penelitian tersebut menunjukkan ketika tingkat kecenderungan bertindak (degree of action orientation) meningkat, tingkat pengurangan disonansi (degree of dissonance reduction) juga semakin meningkat (Harmon-Jones dalam Littlejohn & Foss, 2009: 111). Model berbasis tindakan menjelaskan semakin tinggi suatu kognisi mengarah pada tindakan, semakin tinggi pengurangan disonansinya. Konsonansi dapat diartikan sebagai kecenderungan kognisi-kognisi untuk mencapai suatu tindakan yang efektif dan tak berkonflik.

0 Response to "Disonansi Berdasarkan Tindakan (Action-Based Model of Cognitive Dissonance)"

Post a Comment